PLN Raih Peringkat Pertama Nasional pada Penghargaan Mitra BUMN Champion 2024

Kamis, 10 Oktober 2024 | 21:57:39 WIB

Jakarta, 10 Oktober 2024 - PT PLN (Persero) meraih penghargaan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam ajang Apresiasi Mitra BUMN Champion 2024 yang digelar di Jakarta pada Kamis (10/10).

PLN berhasil menyabet peringkat pertama National Champion pada kategori Customer/Buyer Kelas Usaha BUMN atas kontribusinya menggunakan produk dan jasa yang dihasilkan BUMN dalam mendukung kegiatan operasional dan bisnis perseroan.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo dalam sambutannya mengatakan, penghargaaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan maupun mitra yang mendukung kegiatan bisnis dan operasional BUMN.

"Dalam kesempatan ini kita memberikan apresiasi dan terus membangun bagaimana BUMN bisa meningkatkan efisiensi usaha, melakukan technology partnership, membangun operational efficiency, project excellence dengan bantuan dan kolaborasi dengan pihak swasta," kata Kartika.

Kartika melanjutkan, melalui Apresiasi Mitra BUMN Champion 2024, Kementerian BUMN menekankan pentingnya kolaborasi yang sehat dan berkelanjutan dalam menciptakan ekosistem usaha yang lebih kuat dan responsif terhadap tantangan nasional maupun global. Menurutnya, BUMN setidaknya membutuhkan kolaborasi di tiga lapisan, yakni peningkatan kompetensi teknologi ke depan, pemanfaatan peluang dalam bidang pengadaan investasi dan biaya operasional serta pemanfaatan kerja sama untuk meningkatkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia.

"Semoga kolaborasi dan sinergi jangka panjang kita, BUMN dengan pihak swasta, seluruh mitra dan seluruh pihak terkait yang mendukung bisnis kita berjalan semakin baik dan semakin transparan ke depan,” ucap Kartika.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Kementerian BUMN kepada PLN. Darmawan menegaskan, dalam menjalankan bisnisnya, PLN selalu mengutamakan penggunaan produk dan jasa dari industri dalam negeri agar dapat turut mendorong roda perekonomian.

"Kami sangat berterima kasih atas penghargaan ini. Peran mitra sangat krusial dalam mendukung kinerja PLN dan menjadikan perseroan lebih responsif dan efisien. Kami berharap kerja sama ini bisa semakin kuat dan memberikan manfaat bagi semua pihak,” ungkap Darmawan.

Menurut Darmawan, selain berkolaborasi dengan BUMN, PLN juga terus menjalin kemitraan dengan sektor swasta dan pelaku UMKM untuk bersama-sama membangun perekonomian Indonesia. Hal ini sejalan dengan upaya Kementerian BUMN dalam mendorong seluruh BUMN untuk menjadi bagian katalisator dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Dengan kolaborasi yang kuat dan semangat kebersamaan serta inovasi yang terus kita kembangkan bersama, kami yakin dapat terus memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Darmawan.

Apresiasi Mitra BUMN Champion 2024 diberikan melalui rangkaian proses seleksi dan penilaian yang dilakukan dengan dasar kinerja kemitraan tahun 2023. Terdapat 303 mitra yang diusulkan oleh 12 klaster BUMN untuk menjadi Mitra BUMN Champion 2024 yang selanjutnya dari hasil seleksi diperoleh 54 mitra yang diberikan apresiasi oleh Kementerian BUMN pada tahun ini.

Terkini