Senin, 14 Oktober 2024

PLN Indonesia Power Perkuat Kesejahteraan dengan Inovasi Sosial Berkelanjutan

PLN Indonesia Power Perkuat Kesejahteraan dengan Inovasi Sosial Berkelanjutan

Jakarta – PLN Indonesia Power (PLN IP) terus memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar pembangkit listrik. Melalui Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Semarang, PLN IP meluncurkan berbagai inovasi serta memberdayakan masyarakat di wilayah pesisir utara Pulau Jawa. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra, menyampaikan bahwa UBP Semarang telah melakukan pendampingan terhadap kelompok petani ikan dan pelaku UMKM pengolahan hasil tangkapan ikan di wilayah Semarang.

"PLN IP UBP Semarang melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berdasarkan hasil pemetaan sosial yang dilakukan perusahaan," ujar Edwin.

Baca Juga

OJK Proyeksikan Pertumbuhan Kredit Perbankan Tetap Kuat hingga Akhir 2024

"Karena pembangkit terletak di daerah pesisir, PLN IP UBP Semarang memiliki tantangan untuk mengembangkan program yang relevan dengan kebutuhan masyarakat pesisir," tambahnya.

Senior Manager PLN Indonesia Power UBP Semarang, Flavianus Erwin Putranto, menambahkan bahwa program ini dirancang untuk menciptakan rantai nilai yang mampu mendukung ekonomi sirkular di masyarakat.

Untuk merealisasikan program tersebut, PLN Indonesia Power UBP Semarang bekerja sama dengan kelompok nelayan ikan di Kelurahan Tanjung Mas untuk mengembangkan potensi kelautan melalui budidaya keramba jaring tancap. Berkat pendampingan ini, kelompok nelayan mampu memperoleh omzet hingga 60 juta rupiah per bulan.

"Sebagai bagian dari masyarakat yang langsung terdampak oleh aktivitas pembangkit, kelompok nelayan menerima dukungan berupa peningkatan kapasitas, bantuan alat produksi, dan pemberian benih ikan bandeng," jelas Erwin.

Selain itu, PLN IP UBP Semarang juga bermitra dengan Koperasi Prima Indo Sutera dan Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) Putri Laut untuk membantu hilirisasi produksi ikan bandeng dari kelompok nelayan.

"Melalui pendampingan ini, kami juga memberikan bantuan berupa peralatan produksi, pengembangan kapasitas, pemasaran produk, hingga sertifikasi," tutur Erwin.

PLN Indonesia Power UBP Semarang juga memperkenalkan inovasi berupa Low Temperature High Pressure Cooker (LTHPC), yang dibuat dari komponen turbin yang tidak terpakai, kepada kelompok pengolahan ikan bandeng. Inovasi ini berhasil menekan biaya produksi dan meningkatkan pendapatan hingga 177 juta rupiah.

"Saat ini, LTHPC telah dikembangkan lebih lanjut dengan menggunakan tenaga listrik, sehingga lebih efisien dalam proses produksi," jelas Erwin.

Berkat inovasi ini, kelompok pengolah ikan bandeng terus berkembang hingga terbentuk kelompok ketiga, yaitu Poklahsar Global Milkfish.

Ketua Poklahsar Putri Laut, Suhartono, mengatakan program ini sangat membantu operasional kelompok dan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan para anggota.

"Penggunaan LTHPC memungkinkan kami memproduksi lebih banyak ikan bandeng, dari yang awalnya hanya 5 kg menjadi 40 hingga 50 kg sekali masak," ujar Suhartono.

Program lainnya adalah pengembangan UMKM Kopi Endemix dan Kelompok Tani Berkah Wana Lestari di Ngesrep Balong, Kendal, sebagai upaya konservasi lingkungan. Produk kopi dari UMKM ini, dengan merk dagang Kopi Endemica, telah berhasil menembus pasar nasional.

Erwin menambahkan bahwa melalui pendampingan SDM dan pelatihan berbasis Good Agricultural Practices, pendapatan kelompok tani kopi mencapai 315 juta rupiah dan UMKM Kopi Endemix mencapai 100 juta rupiah hingga Juli 2024.

Program ini juga berhasil mengubah perilaku masyarakat setempat. Salah satu contoh adalah transformasi mantan pemburu burung langka yang kini menjadi aktivis lingkungan, serta meningkatnya keterampilan pemuda desa dalam pengelolaan wisata.

Redaksi

Redaksi

wartaenergi.com adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

Kolaborasi PLN Indonesia Power dan PGE Wujudkan Kemandirian Energi Panas Bumi

Kolaborasi PLN Indonesia Power dan PGE Wujudkan Kemandirian Energi Panas Bumi

Kolaborasi PLN Indonesia Power dan PGE Percepat Proyek Panas Bumi Nasional

Kolaborasi PLN Indonesia Power dan PGE Percepat Proyek Panas Bumi Nasional

PLN Indonesia Power Bersama PGE Optimalkan PLTP Ulubelu dan Lahendong

PLN Indonesia Power Bersama PGE Optimalkan PLTP Ulubelu dan Lahendong

Inovasi PLN Indonesia Power Mengubah Kesejahteraan Sosial di Indonesia

Inovasi PLN Indonesia Power Mengubah Kesejahteraan Sosial di Indonesia

PLN Indonesia Power Dorong Inovasi untuk Masyarakat Sejahtera

PLN Indonesia Power Dorong Inovasi untuk Masyarakat Sejahtera