BPH-Migas Resmikan BBM Satu Harga Perdana di Kabupaten Kayong Utara

indonesiasatu, 18 Jun 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

KAYONG UTARA -  BPH Migas meresmikan Program BBM satu harga di SPBU Kompak di Kecamatan Pulau Maya, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (17/6).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BPH Migas, Bupati Kayong Utara dan Wakil Bupati Kayong Utara, Ketua DPRD dan anggota komisi II DPRD, OPD terkait  serta TNI dan Pihak Kepolisian

Program BBM satu harga merupakan wujud perhatian pemerintah dalam memberikan keadilan, baik dari segi ketersediaan, distribusi, dan keadilan harga di bidang energi bagi masyarakat di wilayah 3T (terluar, terdepan, tertinggal).

"Sehingga masyarakat yang bermukim di 3T dapat merasakan harga BBM sama dengan di kota-kota besar, yaitu premium Rp6.450/liter dan solar Rp5.150/liter," kata Kepala BPH M  Fasrullah Asa di Pulau Maya, Rabu (17/6)

Pada kurun tahun 2017-2019, BPH Migas telah berhasil mengawal dan melakukan supervisi terhadap pembangunan penyalur BBM satu harga dengan capaian sebanyak 170 lembaga penyalur BBM satu harga.

BPH Migas telah menugaskan PT Pertamina (Persero), dan PT AKR Corporindo Tbk untuk melakukan pembangunan penyalur BBM satu harga pada lokasi tertentu yang telah ditetapkan.

Untuk tahun 2020-2024, sesuai dengan arahan Presiden bahwa Program BBM satu harga akan dilanjutkan dengan target sampai dengan akhir tahun 2024 adalah terbangunnya 330 lembaga penyalur BBM satu harga.

Untuk tahun 2020 akan dilakukan pembangunan 83 lembaga penyalur yang tersebar di 20 provinsi, 70 kabupaten, 83 kecamatan dengan penugasan kepada PT Pertamina (Persero) untuk melakukan pembangunan penyalur BBM satu harga tersebut.

“Untuk tahun 2020 ditargetkan akan dibangun 83 lokasi penyalur BBM satu harga dengan sebaran 13 penyalur di Sumatera, 13 di Kalimantan, 21 di NTB dan NTT, tujuh di Sulawesi, dan 29 penyalur di Maluku dan Papua," katanya.

Dia juga berharap agar kepala daerah/bupati mendukung program BBM satu harga dengan mempermudah proses perizinan dan juga PT Pertamina tetap menjaga suplai BBM, sehingga kehadiran BBM satu harga membawa dampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di wilayah 3T.

"Kami harap para bupati mendukung program BBM satu harga dengan mempermudah perizinan, apabila ada bupati yang tidak memberikan kemudahan perizinan agar dilakukan perubahan lokasi, mengingat masih banyak diwilayah 3T yang belum memiliki SPBU," ujarnya.

Dia juga optimistis target 83 lokasi penyalur BBM satu harga dapat terwujud hingga akhir tahun 2020 walaupun saat ini sedang terjadi pandemi COVIF-19.

BPH Migas setiap minggu mengadakan rapat monitoring dan koordinasi secara daring/online dengan Pertamina dan pemerintah daerah untuk memonitor progres pembangunan penyalur BBM satu harga di 83 lokasi 3T.

"Alhamdulillah walaupun dalam masa pandemi COVID-19, besok kami akan meresmikan SPBU Program BBM satu harga di Pulau Maya, Kabupaten Kayong Utara. Tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk pencegahan penularan COVID-19," katanya.

Tempat penyimpanan BBM satu harga yang menggunakan ponton dengan kapasitas 400 KL tersebut diapresiasi Bupati Citra Duani  yang juga hadir dalam kegiatan peresmian tersebut.

Menurutnya,  dengan diresmikan BBM satu harga di Pulau Maya tidak ada lagi penyalur ilegal yang selama ini masyarakat nelayan khususnya mendapatkan harga jauh dari lebih tinggi dari SPBU.

"Supaya masyarakat biasa merasakan harga minyak BBM  yang terjangkau tidak ada lagi Penyalur ilegal, kalau ada, kita  ramai -  ramai sampaikan   dan laporkan kepada pihak terkait,"jelasnya

DSPBU khusus program 3T   di Kayong Utaara saat ini ada dua, pertama di kecamatan Seponti yang diperuntuhkan untuk Petani  dan  sekarang untuk  Nelayan yang  ada di Pulau maya.(Mz)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu